Mengapa Pertamina Menurunkan Harga Avtur?

PT Pertamina (Persero) akhirnya menurunkan harga jual. Pengurangan harga didasarkan pada sejumlah faktor.

Arya Dwi Paramita, kepala komunikasi media untuk Pertamina, menjelaskan bahwa perhitungan utama Pertamina adalah referensi dari Mean of Platts Singapore (MOPS) dan nilai tukar rupee terhadap dolar AS (AS).

MOPS adalah evaluasi produk minyak bumi di wilayah Asia. MOPS didirikan di Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden No. 55 tahun 2005.

“Secara umum, pergerakan harga dipengaruhi oleh beberapa faktor: Aspek utama adalah MOPS dan nilai tukar rupee,” kata Arya, Sabtu (16/2/2014) kepada detikFinance, Jakarta.

Arya mengatakan penurunan harga avt adalah hasil tinjauan reguler oleh Pertamina. Pertamina menilai harga Avtur dua kali sebulan.

Arya juga menyatakan bahwa harga jual avtur Bisnis ke Bisnis (dari b ke b) ditetapkan di maskapai.

“Harga avtur untuk setiap maskapai didasarkan pada kesepakatan para pihak, khususnya antara Pertamina sebagai pemasok dan maskapai sebagai konsumen,” katanya.

Selain itu, kata Arya, Pertamina berharap penyesuaian harga di sektor unggas dapat membantu mengembangkan industri penerbangan dan pariwisata nasional lebih banyak lagi.

“Pertamina berharap penyesuaian harga Avtur juga akan menjadi bentuk dukungan Pertamina untuk industri penerbangan nasional, yang juga akan mempengaruhi sektor-sektor lain, termasuk pariwisata,” katanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *