China Menghadirkan Jembatan 3D Terpanjang di Dunia

Sebuah tim dari Universitas Tsinghua Arsitektur Sekolah di Beijing, yang dipimpin oleh Profesor Xu Weiguo memiliki 26,3 meter panjang (3D) dibangun jembatan beton, yang dianggap terpanjang di dunia. Jembatan penyeberangan selebar 3,6 meter ini membentang di sebuah kanal di Distrik Baoshan, Shanghai.

Konstruksi dilakukan awal tahun ini. Dirancang oleh Pusat Penelitian Bersama Tanah Zoina untuk Arsitektur Digital (JCDA), jembatan ini diimplementasikan oleh Perusahaan Manajemen Investasi Shanghai Wisdom Bay. Menurut JCDA, bentuk jembatan itu diilhami oleh Jembatan Anji yang berusia 1.400 tahun di Zhaoxian, jembatan tertua Tiongkok.

JCDA percaya bahwa keberadaan jembatan adalah langkah maju dalam menggunakan teknologi terbaru yang digunakan saat ini dalam rekayasa sebagai proyek rekayasa.

“Penyelesaian jembatan ini merupakan wujud nyata yang menarik dalam pengembangan teknologi, dari penelitian dan pengembangan untuk aplikasi praktis,” kata Profesor Xu Weiguo, karena ia melaporkan pada Selasa (2014/06/02) di Dezeen.

Dia menambahkan bahwa keberadaan jembatan ini juga menandai kedatangan teknologi pembentukan 3D dan desain di Tiongkok pada skala global ke tingkat yang lebih tinggi.

Jembatan melengkung ini dibuat dengan 176 unit semen yang dicetak dengan sistem pencetakan yang dioperasikan robot. Semua komponen dicetak dalam waktu 450 jam. Konstruksi jembatan terdiri dari 44 unit besi berlubang, sedangkan jembatan terdiri dari 68 unit dasar batu yang dicetak dalam bentuk gelombang dan diisi dengan kerikil putih. Pegangan tangan juga terbuat dari bahan yang sama.

Semua komponen dicetak dari komposit dan campuran beton serat polietilen. Perancang mengatakan jembatan itu jauh lebih murah untuk membangun struktur yang dibangun secara tradisional. “Dibandingkan dengan jembatan konvensional dengan ukuran yang sama, harganya hanya dua pertiga.

Secara khusus, karena tidak ada penguat yang digunakan dalam mencetak dan membangun bagian utama jembatan ini, biaya yang signifikan dihemat, “kata Profesor Xu.

Instalasi jembatan dilakukan oleh sistem pemantauan yang mencatat perubahan dalam bentuk beton dari waktu ke waktu. Informasi ini digunakan untuk mendukung penggunaan pencetakan 3D untuk rekayasa jembatan. Penggunaan teknologi cetak 3D di dunia teknik dan arsitektur terus berkembang.

Tahun lalu, di Dutch Design Week di Belanda, jembatan baja cetak 3D pertama diresmikan. Di AS, militer juga menggunakan teknologi cetak 3D untuk membangun barak bagi karyawan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *